Thursday, January 24, 2013

Strategi Bagi Penantang Pasar



Langkah-langkah dibawah ini bermanfaat bagi para penantang pasar :
1.       Penetapan tujuan strategi
2.       Pilihan pesaing yang ingin ditantang
3.       Pilihan  penyerangan yang tepat
4.       Profil kompetitif penantang pasar

1. Penetapan Tujuan Strategi
a.       Tujuan strategi harus ditetapkan dengan  cermat
b.   Sebagian besar penantang pasar berusaha meningkatkan profitabilitasnya dengan cara menaikkan pangsa pasar

2. pilihan pesaing yang ingin ditantang
  1. Menyerang pemimpin pasar ,walaupun beresiko tinggi, namun potensi, manfaat dan keuntunganya besar terutama bila pemimpin pasar tidak melayani pasar dengan baik
  2. Kesuksesan strategi ini bergantung pada keunggulan kompetitif berkesinambungan yang dimiliki perusahaan .
  1. Keunggulan biaya, atau kemampuan memberikan nilai terbaik dengan harga premium
  2. Contoh ; keberhasilan Komatsu menantang Cartepilar dengan jalan menawarkan produk berkualitas yang setara ,namun harga lebih murah.

3. pilihan strategi penyerangan
  1. Frontal attack
Ø  Menyamai produk,periklanan ,harga dan distribusi
Ø  Lebih berfokus pada menyerang kekuatan pesaing ,bukan kelemahannya.
Ø  Hasilnya bergantung pada siapa yang memiliki kekuatan & daya tahan lebih besar
Ø  Penantang pasar harus memiliki sumber daya yang sangat besar ,jika tidak menjadi bumerang bagi penantang pasar.

b. Flanking attack
Ø  Berusaha menyerang titik lemah pesaing
Ø  Cocok bagi penntang pasar yang memiliki sumber daya yang terbatas
Ø  Identifikasi gap yang belum dilayani oleh produk yang ada dipasar
Ø  Merancang produk yang sesuai untuk kebutuhan secara efektif dan efisien .

  1. Encirclement attack
Ø  Menetapkan serangan dari semua arah , sehingga pesaing harus melindungi dirinya pada semua sudut secara simultan.
Ø  Bisa diterapkan bila penantang pasar memiliki sumber daya yang lebih superior dan yakin bahwa perusahaannya mampu secara cepat mengalahkan pesaingnya.
Ø  Contoh ; serangan Seiko dipasar arloji, yang mampu meraih distribusi luas dihampir semua gerai utama tempat penjualan arloji dan mengalahkan semua pesaingnya dengan model arloji yang selalu berubah.
       untuk pasar Asia saja ,Seiko mampu menawarkan model arloji  lebih dari 500 model dan dipasar global memiliki 2300 model

  1. Bypass attack
Ø  Strategi yang tidak langsung
Ø  Penantang pasar menghindari pesaing dan mengincar pasar yang mudah dilayani
Ø  Dapat berupa diversifikasi ke produk yang tidak terkait ,beralih pada pasar geografis yang baru atau beralih ke teknologi baru untuk menggantikan produk saat kini
Ø  Technologi leapfrogging adalah bypass strategy yang banyak diterapkan dalam industri teknologi tinggi
Ø  Contoh ; Minolta berhasil mengalahkan Canon dalam pasar camera 35- milimeter  SLR saat Minolta meluncurkan  kamera maximum yang lebih canggih teknologinya., sehingga  pangsa pasar Canon turun 20 %.,sedangkan minolta berhasil meraih pangsa pasar lebih dari 30 %.
     
      e. Guerilla attack
Ø  Alternatif strategi ini cocok untuk penantang pasar yang lebih kecil ( dananya kurang kuat )
Ø  Dapat melakukan  serangan kecil-kecilan secara periodik untuk melemahkan mental pesaing
Ø  Harapan secara perlahan tapi pasti dapat mengembangkan pijakan yang lebih permanen
Ø  Cara yang dapat dilakukan adalah melakukan pengurangan harga selektif,promosi intensif dan lain-lain.





·         PROFIL KOMPETITIF PENANTANG PASAR

A. STRATEGI PENANTANG PASAR
Ø  Diversifikasi tinggi
Ø  Pangsa pasar sedang
Ø  Market coverage moderat
  1. Struktur
Ø  Dominasi oligopoli
  1. Pasar
Ø  Posisi manfaat besar dan harga mahal
  1. Sumber daya
Ø  Sumber daya & profitabilitas moderat

B. STRATEGI PENGIKUT / PENGEKOR PASAR
  1. Imitasi
  2. Adding features
  3. Stripping down
  4. flanking

1. IMITASI
  1. Menawarkan produk yang sama dengan harga murah
  2. Strategi yang menuntut biaya produksi/operasi yang lebih rendah
  3. Beaya riset dan pengembangan lebih kecil
  4. Pengeluaran biaya pemasaran yang lebih kecil

2. ADDING FEATURES
Fitur tambahan yang dapa berfungsi menjadi differentiator produk yang relevan bagi konsumen

3. STROPPING DOWN
Mencakup mengurangi atau menghilangkan fitur-fitur tertentu sehingga pengikut pasar hanya menawarkan produk yang lebih sederhana dengan harga lebih murah
4. FLANKING
Strategi yang dapat berupa stripping down dan adding features untuk mengembangkan produk yang lebih cocok bagi segmen pasar yang lebih lecil

·         PROFIL KOMPETITIF PENGIKUT PASAR
  1. Strategi
Ø  Diferensiasi rendah dan biaya rendah
Ø  Market coverage moderat

2. Struktur
Ø  Dominasi oligopoli

  1. Sumber daya
Ø  Sumber daya & profitabilitas moderat

  1. Pasar
Ø  Manfaat besar & harga murah

·         PROFIL KOMPETITIF PENCERUK PASAR
  1. Strategi
Ø  Diferensiasi tinggi dan biaya mahal
Ø  Diferensiasi rendah dan  biaya murah
Ø  Market coverage kecil
  1. Struktur
Ø  Dominasi monopoli atau oligopoli
  1. Pasar
Ø  Manfaat besar harga mahal atau
Ø  Manfaat kecil harga murah
  1. Sumber daya
Ø  Sumber daya moderat atau kecil
Ø  Profitabilitas moderat atau kecil

STRATEGI PENCERUK PASAR
Ø  And use specialist ( khusus melayani tipe konsumen akhir tertentu )
Ø  Vertical level specialist ( fokus pada level tertentu pada siklus produksi , distribusi )
Ø  Customer size specialist ( konsentrasi pada pelanggan kecil , sedang atau besar)
Ø  Specific customer specialist ( hanya melayani satu atau beberapa pelanggan utama )
Ø  Geographycal specialist ( menjual produk pada lokasi, wilayah, negara, kawasan tertentu )
Ø  Product or fitures specialist ( spesialisasi pada lini, fiture produk ) 

No comments:

Post a Comment

harap tinggalkan jejak, setelah membaca postingan ini. terima kasih :)