A. Tahap-tahap
PLC :
- Introduction ; dalam tahap ini, adalah peluncuran produk baru ke pasar. belum ada pesaing langsung, konsumen harus di didik mengenai jenis produk yg ditawarkan, cara pemakaiannya, tipe konsumen yg dituju , dan tempat menjualnya . pada tahap ini, perusahaan tidak memikirkan profit melainkan pengenalan produk.
- Growth ; produk semakin luas dikenal, penjualan mengalami pertumbuhan pesat, karena banyak konsumen baru yg membelinya & konsumen mulai menemukan banyak cara penggunaan produk bersangkutan.
- Maturity : tingkat pertumbuhan penjualan mencpai titik kejenuhan dalam tahap kedewasaan, karena hampir semua pembeli potensial telah masuk ke pasar
- Decline ; penjualan secara perlahan menurun karena perubahan selera konsumen, perubahan teknologi & produk baru yg disukai konsumen.
B.
Karakteristik Dan Implikasi Strategi PLC
- Introduction
- Penjualan rendah
- BIaya per konsumen tinggi
- Laba negatif
- Pelanggan bersifat inovator
- Pesaing sedikit
- Menciptakan product awareness & product trial
- Menawarkan produk dasar
- Menerapkan cost-plus pricing
- Membangun jaringan distribusi selektif
- Pada periklanan, berusaha membangun product awareness , early adaptor &dealer
- Menggunakan promosi penjualan dgn gencar untuk mendongkrak product trial
- Growth
- Penjualan meningkat dengan cepat
- BIaya perkonsumen sedang
- Laba meningkat
- Pelanggan bersifat early adapters
- Pesaing jumlahnya meningkat
- Tujuan pemasaran , memaksimumkan pangsa pasar
- Menawarkan perluasan produk, layanan, garansi
- Menetapkan harga untuk menetrasi pasar
- Membangun jaringan distribusi intensif
- Periklanan bertujuan untuk membangun awareness dan minat di pasar masal
- Mengurangi promosi penjualan untuk memanfaatkan permintaan pelanggan
- Maturity
- Puncak penjualan
- BIaya perkonsumen rendah
- Laba tinggi
- Pelanggan bersifat middle majority
- Pesaing jumlahnya tetap namun sudah mulai menurun
- Pemasaran pertujuan memaksimumkan laba & mempertahankan pangsa pasar
- Diversifikasi merek dan item produk
- Menetapkan harga strategis untuk menyamai atau mengalahkan pesaing
- Membangun jaringan distribusi yg lebih intensif
- Periklanan berusaha menekankan perbedaan & manfaat merek
- Meningkatkan promosi penjualan untuk mendorong peralihan merek
Decline
- Penurunan penjualan
- Beaya perkonsumen rendah
- Laba menurun
- Pelanggan bersifat laggards
- Jumlah pesaing menurun
- Pemasaran bertujuan mengurangi bIaya & memerah merek
- Menarik produk yg lemah dari peredaran
- Pemotongan harga
- Distribusi selektif & meninggalkan outlet yg tidak menguntungkan
- Mengurangi iklan hingga tingkat minimun yg hanya mempertahanklan pelanggan yg loyal
- Mengurangi promosi penjualan hingga tingkat minimal
C.
Trend Pangsa Pasar Dalam PLC
- Harga
- Dampak harga terhadap permintaan primer sangat tinggi selama tahap introduksi
- Dampak harga terhadap pangsa pasar relatif kecil dalam siklus introduksi, karena jumlah pesaing sedikit
- Produk yg sulit bersaing cenderung ada kemiripan satu sama lain ,alternatif konsumen semakin banyak sehingga pangsa pasar semakin responsif terhadap harga
- Kualitas produk
Konsumen
yg mendapatkan informasi dari pengalaman langsung & komunikasi
word-of-mouth, akan sangat memahami kualitas relatif berbagai macam produk , sehingga
pangsa pasar semakin responsif terhadap kualitas produk.
- Periklanan
a. Tingkat awareness konsumen terhadap merek dan
atribut selalu berkembang (melihat perbandingan dari iklan) namun pada suatu
titik ada kejenuhannya.
b. Pangsa pasar bisa tidak responsif terhadap awereness oriented advertising jika dibanding dengan price oriented
advertising.
- Distribusi
- Kategori produk konsumen ,para penjual berkonsentrasi distribusi pada toko yg bervolume besar,baru ke outlet yg lebih kecil
- Pada tahap kedewasaan ,hanya outlet marginal yg menjual produk perusahaan sehingga dana untuk tambahan ,biaya perjalanan ,intensif untuk mendapatkan distribusi menjadi menurun ,yg berimplkasi pasar menjadi tidak responsif terhadap pengeluaran distribusi .
Konsep PLC
bermanfaat dalam membantu para manajer untuk menganalisis perubahan situasi
dimasa lalu & masa datang yg dapat memengaruhi pemilihan strategi pemasaran
dan perancangan program pemasaran untuk eksekusi strategi, Memberikan kerangka
pemahaman mengenai implikasi strategi
dari perubahan siklus hidup produk, Pada
prinsipnya , konsep hidup produk adalah penjualan sepanjang waktu .
No comments:
Post a Comment
harap tinggalkan jejak, setelah membaca postingan ini. terima kasih :)