Thursday, January 24, 2013

Strategy Product Life Cycle (Siklus Hidup Produk)




A. Tahap-tahap PLC :
  1. Introduction ; dalam tahap ini, adalah peluncuran produk baru ke pasar. belum ada pesaing langsung, konsumen harus di didik mengenai jenis produk yg ditawarkan, cara pemakaiannya, tipe konsumen yg dituju , dan tempat menjualnya . pada tahap ini, perusahaan tidak memikirkan profit melainkan pengenalan produk.
  2. Growth ; produk semakin luas dikenal, penjualan mengalami pertumbuhan pesat, karena banyak konsumen baru yg membelinya & konsumen mulai menemukan banyak cara penggunaan produk bersangkutan.
  3. Maturity : tingkat pertumbuhan penjualan mencpai titik kejenuhan dalam tahap kedewasaan, karena hampir semua pembeli potensial telah masuk ke pasar
  4. Decline ; penjualan secara perlahan menurun karena perubahan selera konsumen,  perubahan teknologi & produk baru yg disukai konsumen.

B. Karakteristik Dan Implikasi Strategi PLC
  1. Introduction
  1. Penjualan rendah
  2. BIaya per konsumen tinggi
  3. Laba negatif
  4. Pelanggan bersifat inovator
  5. Pesaing sedikit
  6. Menciptakan product awareness & product trial
  7. Menawarkan produk dasar
  8. Menerapkan cost-plus pricing
  9. Membangun jaringan  distribusi  selektif
  10. Pada periklanan, berusaha membangun product awareness , early adaptor &dealer
  11. Menggunakan promosi penjualan  dgn gencar untuk mendongkrak  product trial

  1. Growth
  1. Penjualan meningkat dengan cepat
  2. BIaya perkonsumen sedang
  3. Laba meningkat
  4. Pelanggan bersifat early adapters
  5. Pesaing jumlahnya meningkat
  6. Tujuan pemasaran , memaksimumkan pangsa pasar
  7. Menawarkan perluasan produk, layanan, garansi
  8. Menetapkan harga untuk menetrasi pasar
  9. Membangun jaringan distribusi intensif
  10. Periklanan bertujuan untuk membangun awareness dan minat di pasar masal
  11. Mengurangi promosi penjualan untuk memanfaatkan  permintaan pelanggan

  1. Maturity
  1. Puncak penjualan
  2. BIaya perkonsumen rendah
  3. Laba tinggi
  4. Pelanggan bersifat middle majority
  5. Pesaing  jumlahnya tetap  namun sudah mulai menurun
  6. Pemasaran pertujuan memaksimumkan laba & mempertahankan pangsa pasar
  7. Diversifikasi merek dan item produk
  8. Menetapkan harga strategis untuk menyamai atau mengalahkan pesaing
  9. Membangun jaringan distribusi yg lebih intensif
  10. Periklanan berusaha menekankan perbedaan & manfaat merek
  11. Meningkatkan promosi penjualan untuk mendorong peralihan merek

Decline
  1. Penurunan penjualan
  2. Beaya perkonsumen rendah
  3. Laba menurun
  4. Pelanggan bersifat laggards
  5. Jumlah pesaing menurun
  6. Pemasaran bertujuan mengurangi bIaya & memerah merek
  7. Menarik produk yg lemah dari peredaran
  8. Pemotongan harga
  9. Distribusi selektif & meninggalkan outlet yg tidak menguntungkan
  10. Mengurangi iklan hingga tingkat minimun  yg hanya mempertahanklan pelanggan yg loyal
  11. Mengurangi promosi penjualan hingga tingkat minimal



C. Trend Pangsa Pasar Dalam PLC
  1. Harga
  1. Dampak harga terhadap permintaan primer sangat tinggi selama tahap introduksi
  2. Dampak harga terhadap pangsa pasar relatif kecil  dalam siklus introduksi, karena jumlah pesaing sedikit
  3. Produk yg sulit bersaing cenderung ada kemiripan satu sama lain ,alternatif konsumen semakin banyak sehingga pangsa pasar semakin responsif terhadap harga

  1. Kualitas produk
Konsumen yg mendapatkan informasi dari pengalaman langsung & komunikasi word-of-mouth, akan sangat memahami kualitas relatif berbagai macam produk , sehingga pangsa pasar semakin responsif terhadap kualitas produk.

  1. Periklanan
a.  Tingkat awareness konsumen terhadap merek dan atribut selalu berkembang (melihat perbandingan dari iklan) namun pada suatu titik ada kejenuhannya.
b.  Pangsa pasar bisa tidak responsif terhadap awereness  oriented advertising  jika dibanding dengan price oriented advertising.

  1. Distribusi
  1. Kategori produk konsumen ,para penjual berkonsentrasi distribusi pada toko yg bervolume besar,baru ke outlet yg lebih kecil
  2. Pada tahap kedewasaan ,hanya outlet  marginal yg menjual produk perusahaan sehingga dana untuk tambahan ,biaya perjalanan ,intensif untuk mendapatkan distribusi menjadi menurun ,yg berimplkasi pasar menjadi tidak responsif  terhadap pengeluaran distribusi .

Konsep PLC bermanfaat dalam membantu para manajer untuk menganalisis perubahan situasi dimasa lalu & masa datang yg dapat memengaruhi pemilihan strategi pemasaran dan perancangan program pemasaran untuk eksekusi strategi, Memberikan kerangka pemahaman  mengenai implikasi strategi dari perubahan  siklus hidup produk, Pada prinsipnya , konsep hidup produk adalah penjualan sepanjang waktu .

No comments:

Post a Comment

harap tinggalkan jejak, setelah membaca postingan ini. terima kasih :)