sebelumnya aku jelasin dulu definisi pemasaran dan konsep intinya yah :
Inti dari pemasaran (marketing) adalah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Salah satu definisi yang baik dan singkat dari pemasaran adalah “memenuhi kebutuhan dengan cara yang menguntungkan”. American Marketing Association (AMA), mendefinisikan pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.
Manajemen
pemasaran (marketing management) dipandang
sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta
menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan
nilai pelanggan yang unggul. Menurut Kotler dan Keller, Orang - orang pemasaran
memasarkan 10 tipe entitas yaitu barang, jasa, acara, pengalaman, orang,
tempat, properti (hak kepemilikan), organisasi, informasi, dan ide.
Penjelasannya sebagai berikut :
1. Barang (Goods)
Barang - barang fisik merupakan bagian terbesar dari usaha
produksi dan pemasaran kebanyakan negara.
2. Jasa (Services)
Jasa mencakup pekerjaan maskapai udara, hotel, perusahaan
penyewaan mobil, tukang pangkas dan salon, tenaga perbaikan dan pemeliharaan,
akuntan, bankir, pengacara, insinyur, dokter, programmer piranti lunak, dan
konsultan manajemen. Banyak tawaran pasar yang terdiri dari perpaduan antara
barang dan jasa. Di restoran makanan cepat saji, misalnya, pelanggan
mengkonsumsi baik produk maupun jasa.
3. Acara (Events)
Pemasar mempromosikan acara berdasarkan waktu, seperti
pameran dagang, pertunjukan seni, dan ulang tahun perusahaan. Acara olahraga
dunia seperti olimpiade dan piala dunia dipromosikan secara agresif baik kepada
perusahaan maupun penggemar.
4. Pengalaman (Experiences)
Dengan memadukan beberapa jasa dan barang, sebuah perusahaan
dapat menciptakan, memamerkan, dan memasarkan pengalaman.
5. Orang (People)
Pemasaran selebriti adalah bisnis yang besar. Artis, musisi,
CEO, dokter, pengacara, dan ahli keuangan kelas atas, dan professional lainnya
dibantu oleh pemasar selebriti.
6. Tempat (Places)
Kota, negara, bagian, kawasan, dan seluruh bangsa bersaing
secara aktif untuk menarik turis, pabrik, kantor pusat perusahaan, dan pemukim
baru. Pemasar tempat mencakup spesialis pengembangan ekonomi, agen real estate,
bank komersial, asosiasi bisnis lokal, serta agen periklanan dan hubungan
masyarakat.
7. Properti
Properti adalah hak kepemilikan tak berwujud atas properti
yang sebenarnya (real estate) atau
properti finansial (saham dan obligasi). Properti dibeli dan dijual, dan
pertukaran ini membutuhkan pemasaran.
8. Organisasi
Organisasi secara aktif bekerja untuk membangun citra yang
kuat, disukai, dan unik di benak publiknya.
9. Informasi
Informasi adalah apa yang dihasilkan, dipasarkan, dan
didistribusikan oleh buku, sekolah, dan produk universitas dengan harga
tertentu kepada orangtua, siswa, dan komunitas.
10.
Ide
Setiap penawaran pasar mengandung sebuah ide / gagasan
dasar. Produk dan jasa adalah landasan untuk menghasilkan ide atau manfaat
(Kotler dan Keller, 2009 : 5 - 7).
Theodore
Levit dari Harvard seperti dikutip dalam Kotler, menjelaskan perbedaan antara
konsep penjualan dengan konsep pemasaran. Penjualan berfokus pada kebutuhan
penjual, pemasaran berfokus pada kebutuhan pembeli. Penjualan didasari oleh
kebutuhan penjual untuk mengubah produknya menjadi uang, pemasaran didasari
oleh gagasan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan hal-hal
yang berhubungan dengan menciptakan, menghantarkan, dan akhirnya
mengkonsumsinya (Kotler dan Keller, 2009 : 20).
nah, jadi pada intinya perbedaan penjualan dan pemasaran terletak pada fokusnya, kalau fokusnya hanya menjual barang menjadi uang berarti termasuk penjualan, tapi kalo focus on customer satisfied, berarti itulah definisi dari pemasaran, karena menurut dosen aku, "marketing is art with science, marketing is create, communicate, and delivery. marketing is not sales, but sales is part of marketing".
sampai disini dulu obrolan kita tentang perbedaan konsep penjualan dan pemasaran. soalnya aku mau jalan - jalan dulu nih mumpung weekend. sampai bertemu di posting berikutnya :)
sumber :
Kotler,
Philip dan Lanne Keller, Kevin, “Manajemen Pemasaran”, jilid I edisi ketiga belas, Erlangga, Jakarta, 2009.
No comments:
Post a Comment
harap tinggalkan jejak, setelah membaca postingan ini. terima kasih :)