Assalamualaikum.wr.wb,
pada posting kali ini, aku akan membahas sekilas tentang marketing. aku
tertarik dengan marketing karena marketing menurut pandangan ku adalah disiplin
ilmu yang berkaitan dengan "art with science". Itulah
sebabnya mengapa aku tertarik mendalami ilmu marketing dan memilihnya sebagai
konsentrasi dari jurusan kuliahku. American Marketing Association (AMA)
menawarkan definisi formal berikut : pemasaran adalah suatu fungsi organisasi
dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan
nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang
menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.
Untuk
memahami konsep inti pemasaran, kita perlu memahami serangkaian konsep inti
berikut ini : kebutuhan, keinginan, dan permintaan. Kebutuhan adalah syarat
hidup dasar manusia orang membutuhkan udara, makanan, air, pakaian, dan tempat
tinggal untuk dapat bertahan hidup. Orang juga memiliki kebutuhan yang kuat
akan rekreasi, pendidikan, dan hiburan. Kebutuhan-kebutuhan ini menjadi
keinginan ketika diarahkan ke objek tertentu yang dapat memuaskan kebutuhan
tersebut.
Permintaan adalah keinginan akan produk-produk tertentu yang
didukung oleh kemampuan untuk membayar. Pembedaan ini menyoroti kritik yang
mengatakan bahwa “pemasar menciptakan kebutuhan” atau “pemasar membuat orang
membeli hal-hal yang tidak mereka inginkan.” Pemasar tidak menciptakan
kebutuhan : kebutuhan mendahului pemasar. Pemasar, bersama dengan faktor-faktor
kemasyarakatan lainnya, mempengaruhi keinginan. ( Kotler & Keller, 2009
).
Salah satu dosen ku pernah mengatakan bahwa marketing is create,
communicate, and delivery. Inti dari pemasaran dapat diringkas dalam
tiga prinsip dasar. Prinsip yang pertama mengidentifikasi tujuan dan tugas
pemasaran, yang kedua realitas persaingan pemasaran, dan yang ketiga berbagai
cara utama untuk mencapai dua prinsip pertama.
1. Nilai pelanggan dan persamaan nilai
Intisari pemasaran
adalah menciptakan nilai pelanggan yang lebih besar daripada nilai yang
diciptakan oleh pesaing. Persamaan nilai, yaitu V = B / P
Keterangan :
V = nilai
B = manfaat yang
dirasakan – biaya yang dirasakan (contohnya, biaya pengalihan )
P = harga
2. Keunggulan
kompetitif dan diferensial
Prinsip dasar pemasaran yang kedua adalah keunggulan kompetitif. Keunggulan
kompetitif adalah penawaran total, dihadapkan pada persaingan yang relevan,
yang lebih menarik pelanggan. Keunggulan tersebut dapat muncul dalam unsur
apapun yang ditawarkan oleh perusahaan : produk, harga, iklan, dan promosi di
tempat penjualan, serta distribusi produk itu sendiri.
Salah satu strategi yang sangat kuat untuk melakukan penetrasi pasar nasional
baru adalah menawarkan produk superior dengan harga yang lebih murah.
Keunggulan harga dengan cepat akan menarik perhatian pelanggan dan bagi
pelanggan yang membeli produk tersebut, kualitas yang lebih baik akan
memberikan suatu kesan.
3. Fokus
Prinsip ketiga adalah fokus, atau konsentrasi perhatian. Fokus diperlukan untuk
berhasil dalam tugas menciptakan nilai pelanggan pada keunggulan kompetitif.
Semua perusahaan terkemuka, besar dan kecil, mengalami sukses karena mereka
memahami dan menerapkan prinsip dasar ini.
Fokus yang jelas tehadap kebutuhan dan keinginan pelanggan serta pada penawaran
yang bersaing diperlukan untuk menggerakkan usaha, yang diperlukan untuk
mempertahankan keunggulan yang membedakan. Semuanya ini hanya dapat dicapai
dengan memfokuskan sumber daya dan usaha pada kebutuhan dan keinginan pelanggan
serta cara menyampaikan suatu produk yang akan memenuhi kebutuhan dan keinginan
tadi. ( Warren J. Keegan, 1999 ).
Nah sudah dapat gambaran kan mengenai disiplin ilmu marketing ? kalau kamu
tertarik mendalami ilmu marketing, sering-sering membaca majalah atau website
mengenai marketing seperti www.marketing.co.id,
the-marketeers.com, www.swa.co.id, ataupun buku-buku relevan yang
berkaitan dengan marketing, misalnya seperti buku favoritku karya pak ippho
santosa yang berjudul marketing is bullshit, yang isinya menjelaskan tentang
bahwa marketing hanyalah omong kosong tanpa adanya kreativitas, atau buku-buku
Philip kotler, griffin, dan buku-buku lainnnya. Masih ingin mendalami lagi
marketing ? coba saja pilih jurusan marketing jika kamu ingin melanjutkan studi
S1.
No comments:
Post a Comment
harap tinggalkan jejak, setelah membaca postingan ini. terima kasih :)